LPI Al Mujtahid Beri Penguatan Moderasi Beragama Kepada Guru Pendidikan Agama Islam - INSPIRASI SYARIAH

Sabtu, 26 November 2022

LPI Al Mujtahid Beri Penguatan Moderasi Beragama Kepada Guru Pendidikan Agama Islam

Kota Pontianak - Lembaga Pendidikan Islam dan Dakwah Pondok Pesantren Al Mujtahid Kota Pontianak memberikan penguatan Moderasi Beragama Kepada Guru Pendidikan Agama Islam di Kota Pontianak dan Kubu Raya. 

Kegiatan yang dilangsungkan pada hari sabtu 26 November 2022 di Ponpes Al Mujtahid tersebut diikuti oleh puluhan guru, beberapa pengasuh pondok pesantren dan santri dari Kota Pontianak dan Kubu Raya. 

Dalam sambutan nya pengasuh pondok pesantren Al Mujtahid Lora Qomaruzzaman Nasir menjelaskan bahwa Moderasi beragama adalah proses memahami agama sekaligus mengimplementasikan ajaran agama secara seimbang dan adil. Pemahaman seperti ini agar terhindar dari perilaku yang terlalu berlebih-lebihan dalam beragama atau dalam istilah lain yaitu perilaku ekstrem. 

"Saya mengilustrasikan bahwa moderasi beragama itu bukan memodern-kan agama. Tetapi sebuah bentuk upaya untuk mengintegrasikan kehidupan beragama dan kehidupan berbangsa. Tadi setelah kita menyanyikan lagu indonesia raya kita menyanyikan mars syubbanul wathon. Dibait lagu dikatakan Indonesia Biladi Anta Unwanul Fakhoma. Lagu ini mengajak kepada kita semua untuk mencintai tanah air secara totalitas." Terang Qomaruzzaman. 

 Qomaruzzaman juga mengajak kepada guru PAI agar turut serta memberikan penguatan kepada para siswa siswi di sekolah, menghadirkan islam yang toleran dan ramah dalam semua sendi pendidikan yang ada di sekolah. 

Kegiatan Seminar moderasi beragama di Al Mujtahid menghadirkan tiga orang narasumber Yakni : Kiai Ainun Najib, M.Ag Pengasuh Ponpes Darun Nasyiin. Seorang kiai muda yang  banyak mengisi ruang-ruang di media sosial dengan dakwahnya yang cukup ramah. Yang Kedua, Bapak Sade’i seorang kontributor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Dn Bapak Baihaqi salah seorang dosen muda di IAIN Pontianak. 


Pewarta : Abdul Hamid 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentar sesuai dengan topik, gunakan Name dan URL jika ingin meninggalkan jejak, link hidup dalam komentar dilarang, melanggar kami hapus